Cara Menciptakan Burung Kenari Bernafas Panjang

Burung kenari juara adalah burung yang bisa mengeluarkan suara bagus, tembakan panjang, variatif, dan yang paling penting adalah sehat dan tidak cacat,  dari kriteria tersebut sudah bisa dijadikan sebuah pedoman bahwa untuk menjuarai sebuah kontes burung harus diupayakan untuk memiliki persyaratan yang dimaksud.

Kenari untuk lomba biasanya harus sudah diatas 8 bulan , karena saat usia itulah waktu paling pas untuk kenari yang sudah matang, namun ada juga yang masih dibawah umur 8 bulan tapi sudah bisa dibawa ke perlombaan, asalkan perawatannya maksimal.


Dari kriteria yang dicari dengan syarat suara yang panjang, maka kita setidaknya harus melatih momongan kita agar mempunyai nafas yang panjang, lalu bagaimana caranya ? berikut akan kami ulas secara padat :

Menciptakan Burung Kenari Bernafas Panjang
  • Gunakan Kandang Umbaran : ukuran biasanya adalah 2x1 m, berikan 2 tangkringan kedua ujung, dengan demikian pergerakan burung kenari lebih luas, dan kenari lebih bugar kondisinya karena adanya ruang gerak yang bagus, selain bisa membuat kondisi lebih fit, kandang umbaran ini juga bisa membuatnya terhindar dari penyakit yang siap menyerang, lakukan pengumbaran kenari secara berkala dan rutin.
  • Umbar Selama 15 menit : Jika sudah kelihatan menganga cobalah pindah ke sangkarnya kembali (Jangan terlalu lama karena kenari bisa menjadi liar)
  • Istirahatkan : Waktu pengistirahatan adalah seminggu sebelum perlombaan, dengan banyak waktu istirahat (minimal kenari tidak ngotot terlalu sering) kenari akan lebih siap dengan suaranya yang tersimpan
  • Kerodong Kenari : Untuk pengkrodongan ini hanya bisa dibuka saat membersihkan kandang, penjemuran, pemandian dan juga pemberian pakan.
  • Penjemuran 1,5 - 2 jam, kemudian angin-anginkan selama 15 menit, lalu kerodong kembali.
  • Pemberian EF bisa dilakukan dengan teratur
  • Berikan Mentimun : Hal ini berguna untuk membersihkan lendir yang ada pada tenggorokannya , namun harus diselang-seling (jangan diberikan 3 hari berturut-turut misalnya)
  • Berikan Daun Sawi : untuk EF musim panas yang cocok sawi hijau, sementara itu kroto / telur puyuh bisa diberikan 2 kali dalam seminggu.
Semoga sukses. dan baca juga : Mendongkrak Stamina Lovebird yang Lesu dengan Pakan Jagung.