Tips Perawatan Kacer Lokal Hitam

Cara Merawat Kacer Lokal Hitam - Burung kacer yang kita kenal adalah jenis burung fighter yang mempunyai suara dan performa yang bagus, ada istilah kacer mbogor untuk jenis kacer dengan ciri dada putih,sementara itu dari jenis kacer yang hitam seluruh badannya disebut sebagai kacer lokal atau kacer jawa.

Untuk populasi burung ini sudah agak sulit didapat, selain karena banyaknya penebangan liar, penangkapan brutal juga sangat mengurangi jumlah kacer lokal ini, persebarannya diwilayah jawa mulai dari timur hingga barat, namun kabar baik datang dari Sumatera , karena disana ada breeder yang sukses menghasilkan burung-burung kacer jawara .

Perawatannya :
Untuk pakan seperti burung lainnya, yaitu dengan memberinya serangga, bisa diselingi voer yang berkualitas dengan kandungan protein yang cukup, sementara itu bisa juga diberi jangkrik 10-15 ekor sesuai dengan kemampuan burungnya, jika terlalu banyak , maka cukup7 saja, demi mengurangi OB burung.

ada rahasia dari para kicaumania bahwa untuk mendapatkan burung kacer yang berkicau gacor dan rajin, maka harus diberi telur semut rang-rang, tapi satu hal bahwa telur semut baik rang-rang maupun kroto ini lumayan mahal harganya, jadi anda harus bisa mengatur ekonomi biar tidak habis dalam hal pakannya.

Pemandian :
Kacer lokal sangat menyukai air ,sehingga disarankan memandikannya didalam keramba, sehingga burung lebih lega dan puas mandinya, setelah itu tinggal menjemurnya.

Penjemuran :
Lakukan jam 8 pagi sampai 10 , dengan penjemuran yang cukup, maka burung kacer akan semakin rajin dalam berkicau, jadi kalau cuaca lagi bersahabat, usahakan agar burung dijemur tidak kurang dari 1,5 jam, karena hal itu membuatnya semakin sehat.

Disore harinya anda keluarkan kembali , buka krodong dan angin-anginkan ,sembari diberi kroto untuk memancing kicauan indahnya , baca juga Cara Tepat Membawa Burung Kicau.